Sabtu, 25 Februari 2017

Selamat Datang

Selamat Datang di Halaman Tim Penggerak PKK Desa Kedungjaran, TP PKK dari desa kecil di Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah. Sebuah desa yang terletak diperbatasan kecamatan sragi dengan kecamatan bojong. Merupakan jalur lintas tengah di kabupaten Pekalongan, dimana sering menjadi jalur alternatif ketika Jalur Pantura terkena kemacetan.

Secara geografis Desa Kedungjaran berada antara 60 56’ 50.36’’ -  60 57’ 17.81’’ Lintang Selatan dan 1090 34’ 45.93’’ - 1090 35’ 38.05’’ Bujur Timur ( ± 12 Km dari pusat Kabupaten Pekalongan dan ± 4 Km dari Kantor Kecamatan Sragi ). Berada di utara aliran Kali Sragi yang merupakan Sungai Besar yang ada di Kabupaten Pekalongan. Merupakan jalur alternatif lalulintas Pemalang – Pekalongan melalui jalur tengah yang sering dilalui pemakai jalan dari Jakarta ke semarang ketika terjadi kemacetan di jalur pantura.

Jumlah penduduk Desa Kedungjaran pada tahun 2016 berkisar 3012 jiwa dengan jumlah penduduk laki-laki 1533 jiwa dan perempuan 1479 jiwa. Sebagian besar Penduduk Desa Kedungjaran bermata pencaharian sebagai buruh, Pedagang, Petani, Pengusaha Kecil, Home industry binaan TP-PKK, BKAD, dan Pelaku UKM seperti Pengrajin Telor Asin, Makanan Kecil, Pengusaha warung dan toko. 

Terkait dengan mata pencaharian, hasil pemetaan swadaya menunjukkan bahwa masih ada 5,9 % warga Desa Kedungjaran yang masih menganggur. Warga yang masih menganggur ini terbagi dalam 3 kategori yaitu: 
1) Penggangguran yang memiliki ketrampilan ( 5 %), 
2) Pengangguran yang tidak memiliki ketrampilan (1 %), dan 
3) Pengangguran tidak produktif (4 %) yang disebabkan oleh usia warga yang sudah lanjut usia. 

Tantangan mengurangi Pengangguran telah dilakukan oleh Pemerintah Desa Kedungjaran dan TP PKK Desa Kedungjaran dalam mengurangi Pengangguran semu terutama di kalangan Ibu Rumah Tangga dengan beberapa kali melaksanakan pelatihan ketrampilan. Yang sudahadalah ketrampilan pemanfaatan sampah plastic dan Rias Wajah.

Permasalahan yang dihadapi oleh Desa Kedungjaran yang lain adalah kesadaran kesehatan Ibu dan anak. terutama Asi Eklusif dan adanya kekurangsadaran bahaya Rokok pada kaum lelaki yang juga tanggungjawab para wanita terutama dari TP PKK. Dua hal tersebut sebagian kecil tugas dari TP PKK dari 10 Program Pokok PKK yang harus disukseskan.

Media ini sebagai bagian pembelajaran dan media berbagi pengalaman antar sesama pejuang pemberdayaan PKK di Indonesia. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar