Sabtu, 05 Agustus 2017

Bank Sampah


Sebagai wujud pelaksanaan Program Pokok PKK kelompok kerja IV yang di dalamnya terdapat kegiatan pelestarian lingkungan hidup. TP PKK Desa Kedungjaran didukung Pemerintah Desa Kedungjaran menggalakkan kegiatan pengelolaan sampah secara mandiri dengan mendirikan bank sampah.

Dengan pola pilah, pilih dan setor Tim Penggerak PKK Desa Kedungjaran berupaya mengubah cara pandang masyarakat terutama ibu-ibu yang memandang sampah sebagai sesuatu yang harus dibuang menjadi kegiatan yang bermanfaat dengan memilah dan memilihnya menjadi beberapa bagian. Sampah ekonomis dipilih dan ditempatkan di karung yang sudah disediakan oleh bank sampah lalu disetor ke bank sampah, sedang sampah organik berupa sisa sayuran dan makanan di buang di lubang-lubang Biopori.

Kegiatan yang sudah digagas lama ini baru satu bulan terakhir terlaksana karena kesulitan mencari pengelola yang mau meluangkan perhatian penuh atas bank sampah, beruntung Bapak Mustaqim ketua RT 010 RW 005 bersungguh-sungguh untuk mengelolanya. Panen perdana sampah ekonomis berupa kertas, plastik dan aluminium sudah mulai diambil dengan pola pembayaran masuk ke Rekening Bank warga.

0 komentar:

Posting Komentar